-->
  • Jelajahi

    Copyright © PASUNDAN POS | KRITIS, NASIONALIS, RELIGIUS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    PASUNDAN POS

    Pratikno Pastikan Jokowi Hadir Saat Pelantikan Presiden Terpilih Prabowo Subianto

    PASUNDANPOS.com
    Selasa, 08 Oktober 2024, 22:27 WIB Last Updated 2024-10-08T15:27:12Z

    PASUNDAN POS | JAKARTA — Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno memastikan Presiden Joko Widodo hadir dalam acara pelantikan Presiden Terpilih Prabowo Subianto di DPR, pada 20 Oktober 2024.

    "InshaAllah datang. Jadi Pak Presiden memang sejak awal sudah mengatakan akan datang di pelantikan. So pastilah Pak Presiden hadir di pelantikan nanti 20 Oktober," kata Pratikno kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Selasa (8/10/2024).

    Secara aturan kenegaraan, lanjutnya, memang tidak ada kewajiban bagi Jokowi untuk menghadiri pelantikan Prabowo di DPR. Namun, kehadiran presiden pada pelantikan presiden terpilih telah dilakukan pada era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

    "Kalau aturan enggak ada. Tapi kan selama ini juga hadir pada waktu tahun 2014 pak presiden SBY dan pak Wapres Boediono hadir. Jalan dulu masuk kemudian disusul oleh waktu itu presiden terpilih Jokowi dan pak Wapres terpilih pak JK masuk. 

    Terus biasa kan di depan seperti tahun 2014 dulu jadi ada presiden dan presiden terpilih Wapres dan wapres terpilih setelah pelantikan ganti posisi itu saja," kata dia.

    Pratikno mengatakan, nantinya Jokowi akan bertemu langsung Prabowo di DPR pada saat pelantikan. 

    Setelahnya, kata Pratikno, Jokowi akan terlebih dahulu tiba di Istana Merdeka untuk mempersiapkan acara pisah sambut.

    Presiden Jokowi menceritakan jika dirinya membutuhkan waktu 1 hingga 1,5 tahun untuk melakukan konsolidasi saat pertama jabat Presiden RI.

    Cerita Jokowi Butuh Waktu 1,5 Tahun untuk Konsolidasi saat Pertama Jabat Presiden.

    "Nah karena Pak Presiden kan nanti acaranya kan pisah sambut ya. Jadi setelah pelantikan di DPR rencananya Pak Presiden ke 7 akan lebih dulu berangkat ke istana merdeka. Kemudian nanti Pak Presiden Prabowo menyusul. Acara pisah sambut," tuturnya.

    Sebelumnya Presiden Joko Widodo mengungkapkan, akan langsung pulang ke Solo usai acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo-Gibran, pada 20 Oktober 2024 mendatangh.

    "Pada tanggal 20 Oktober 2024 sore, saya pulang ke Solo," kata Jokowi kepada awak media, saat menghadiri pembukaan BNI Investor Daily Summit 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Selasa (8/10).

    Jokowi mengatakan memilih beristirahat setelah sampai Solo.

    "Pulang ke Solo dahulu, tidur," kata Jokowi berkelakar.
      
    Seperti diketahui, masa jabatan Joko Widodo sebagai Presiden RI tinggal beberapa hari lagi. Selanjutnya kepemimpinan nasional akan dilanjutkan oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto. (in/ces)

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERKINI